Penghasilan Ady sebagai Marbot, Tak Menutupi Biaya Kuliahnya

Penghasilan Ady Sebagai Marbot, Tak Menutupi Biaya Kuliahnya

Menyapu, mengepel lantai hingga menyedot debu karpet merupakan pekerjaan keseharian Ady Syaputra (24 tahun) sebagai marbot di salah satu masjid dekat kampus tempatnya kuliah di Medan.

(Ady Saputra)

(Ady Syaputra)

Mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara tersebut harus pintar-pintar membagi waktu antara kuliah, belajar, berdakwah dan juga beres-beres masjid.

Salah satu bagian dari aktivitas dakwah berjamaah yang dia lakukan adalah menjadi staf media pada salah satu gerakan dakwah mahasiswa serta menjadi ketua kelompok mentoring siswa di sekolah beberapa SMP dan SMA.

Satu-satunya aktivitas yang diupah hanyalah sebagai marbot. Meski begitu semua amanah dia laksanakan dengan senang hati. Karena bagi Ady, semua itu merupakan kewajiban yang harus ditunaikan dengan ikhlas.

Namun bila sudah waktunya untuk membayar uang kuliah, Ady kerap pusing tujuh keliling, pasalnya, penghasilannya sebagai marbot jauh dari cukup untuk menutupi biaya kuliah. Meminta bantuan orang tua tidaklah mungkin, maklumlah dia berasal dari keluarga yang kurang berpunya dari sisi ekonomi.

Ayahnya, Zakirman 57 tahun hanyalah seorang pengrajin tas yang jika ada modal saja baru dia membuatnya sehingga penghasilannya sangat minim. Sedangkan ibunda Dahliar sudah meninggal sejak Juli 2019.

Warga Binjai ini sudah mencari informasi beasiswa tapi gagal terus mendapatkan beasiswa karena peserta setiap periodenya sangat terbatas. Ia juga meminta tolong kepada teman sekampusnya untuk mencarikan pekerjaan paruh waktu untuk tambahan biaya kuliah juga belum dapat-dapat.

Untuk mengurangi beban keluarga Ady, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB). Sehingga ia dapat terus menuntut ilmu untuk menggapai cita-citanya. Semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

Rp.11.500.000

Mitra Lapangan:

Edi Humaedi

 

#BWA #WakafQuran #IB #IndonesiaBelajar

Para Donatur