Kedatangan Tim Indonesia Belajar BWA, Septi Semringah

(Septi Nur Azizah)

Septi Nur Azizah (15 tahun) antusias ketika mendengar kabar bahwa tim Survey kami di program Indonesia Belajar (IB) Badan Wakaf Alquran akan berkunjung ke rumahnya. Gadis yang tinggal di kawasan Pondok Pinang Jakarta Selatan ini tampak semringah setelah kedatangan tim IB BWA. Kegembiraan Sefti tentu bukan tanpa alasan mengingat bahwa BWA akan membantu biaya pendidikan ditingkat  yang lebih tinggi.

Maklumlah, Sefti baru saja lulus dari Kelas IX SMP Yayasan Pendidikan Umat Islam (YPUI) Jakarta, dan sudah keterima di sebuah sekolah swasta Averus Jakarta setelah sebelumnya mencoba masuk SMA Negeri akan tetapi tidak beruntung karena kuota yang terbatas akibat sistem zonasi. Walhasil, ibunya Septi pusing tujuh keliling memikirkan bagaimana membayar biaya awal tahun sekolah Septi yang ternyata lebih besar daripada biaya pendidikan sebelumnya..

Septi adalah putri yang tidak mau menyia-nyiakan pengorbanan sang ibu yang banting tulang sendiri setelah ayah wafat. Maka Septi pun bertekad untuk menjadi orang yang bisa membantu ibunya terutama dalam perekonomian. Oleh karenanya, Septi berusaha dan belajar dengan sungguh-sungguh, rajin masuk ke sekolah, tidak mau ketinggalan setiap mata pelajaran.

Septi tahu bahwa diterimanya di sekolah swasta akan lebih membebani sang ibu yang tanpa suami. Maklumlah, biaya sekolah semasa SMP saja terbilang sangat berat bagi keluarga. “Saya hanya seorang penjual lontong sayur di kala pagi dan membantu tetangga saya mas menggoreng aneka gorengan, jadi sebetulnya sangat kewalahan membiayai sekolah Septi”, kata ibunya Septi dengan nada lirih.

Ibunya juga harus berfokus pada biaya pendidikan adiknya Septi yang sekarang duduk di kelas 2 SMP. Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang diharapkan bisa mengurangi beban biaya pendidikan, belum cair juga dengan alasan yang tak jelas.

Untuk mengurangi beban keluarga Septi, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB) sehingga Septi bisa meneruskan pendidikan untuk menggapai cita-citanya melanjutkan sekolah ke Jenjang lebih tinggi dan semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan

SPP/bulan 240.000 x 12 bulan                       : Rp2.880.000

Buku paket kelas X                                         : Rp317.000

Baju Seragam Khusus                                    : Rp470.000

Total Rp3.667.000

 

Mitra Lapangan

Edi Humaedi

Para Donatur