Habis Kontrak Kerja di Tengah Wabah Corona, Bingung Bayar Tunggakan Sekolah Pula

Habis Kontrak Kerja di Tengah Wabah Corona, Bingung Bayar Tunggakan Sekolah Pula

Meskipun tidak masuk sepuluh besar, prestasi sekolah Ibnu Syukur Albiansyah juga tidak di bawah rata-rata. Tapi yang jelas siswa kelas 12 IPS SMA Yayasan Pendidikan Islam Arrahmaniyah tersebut termasuk siswa yang rajin sekolah dan mengerjakan PR.

Setiap hari warga Cipayung, Kota Depok, tersebut berangkat dan pulang sekolah dengan berjalan kaki dari rumahnya yang berjarak sekira 1,5 Km.

(Ibnu Syukur Albiansyah)

(Ibnu Syukur Albiansyah)

Sejak penyakit Covid-19 mewabah, Ibnu sekolah di rumah. Belajar daring (online) sedikit bermasalah karena harus bergantian dengan kedua adiknya yang juga sekolah di rumah dan pengajian sang ibu yang juga berlangsung secara daring.

Tapi Ibnu sekeluarga masih bersyukur karena masih memiliki ponsel, meski hanya satu, karena bisa dipakai bergantian.

Yang jadi masalah serius keluarga ini adalah sejak wabah corona melanda, penghasilan Sulaiman (46 tahun/ayah) turun drastis. Buruh harian yang bekerja sebagai cleaning service tersebut gaji maksimal per bulannya Rp 3 juta. Selama wabah corona, terlalu banyak liburnya sehingga penghasilannya sedikit sekali.

“Itu pun mau habis kontrak setelah Idul Fitri, tidak ada pesangon,” ungkap Suhaeria (40 tahun/ibu).

Ketika bekerja full sebulan pun, gaji sang ayah tidak mencukupi untuk membiaya sekolah Ibnu  dan kedua adiknya. Untungnya Ibnu sering ikut pemeran figuran dalam acara televisi, sehingga bisa menutupi sebagian kecil biaya sekolahnya. Hanya saja, sejak wabah Covid-19, ia tak pernah dipanggil jadi figuran lagi.

Walhasil meskipun saat ini lulus sekolah, tetapi Ibnu menyisakan tunggakan yang relatif besar. Kedua orang tuanya bingung mencari uang dari mana untuk menutupinya.    

Untuk mengurangi beban keluarga Ibnu, BWA mengajak kaum Muslimin berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB) sehingga tunggakan sekolahnya dapat dilunasi.

Semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

Rp.11.630.000

Mitra Lapangan:

Edi Humaedi

 

#BWA #Wakaf #IndonesiaBelajar #IB

Para Donatur