Puasa Syawal dapat Mendatangkan Multi-manfaat. Kok bisa? Ini Alasannya

  • 2019-06-18 13:39:16

Setelah berpuasa di bulan Ramadhan 1440 H, umat Islam juga dianjurkan untuk berpuasa di bulan Syawal. Puasa itu dapat kita lakukan, sehari setelah Idul Fitri, atau Syawal hari kedua sampai enam hari berikutnya.

Selain untuk dalam rangka menyempurnakan ibadah kita di bulan Ramadhan, puasa Syawal juga akan mendatangkan multi-manfaat. Kok bisa? Ini alasannya:

Pertama, akan menggenapkan sama dengan puasa setahun penuh. Dasarnya adalah sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Imam Muslim)

“Barangsiapa berpuasa enam hari setelah Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. [Barangsiapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal] (QS. Al An’am: 160)

Kedua, punya peran seperti shalat sunnah rawatib, menyempurnakan ibadah wajib. Sebagaimana shalat sunnah rawatib yang menyempurnakan shalat wajib; begitu pula dengan puasa Syawal, akan menyempurnakan puasa Ramadhan kita. Setiap orang akan mengalami ketidaksempurnaan ketika menjalani puasa Ramadhan. Puasa Syawal akan menutupi semua ketidaksempurnaan tersebut. Maka, sempurnalah puasa yang kita jalani tersebut.

Ketiga, penanda diterimanya puasa Ramadhan.
Imam Ibnu Rajab menjelaskan bahwa, ”Balasan dari amalan kebaikan adalah amalan kebaikan berikutnya. Barangsiapa melaksanakan kebaikan lalu dia melanjutkan dengan kebaikan lainnya, itu adalah pertanda diterimanya amalan yang pertama.

Begitu pula barangsiapa yang melaksanakan kebaikan lalu dilanjutkan dengan amalan kejelekan, maka itu pertanda tertolaknya atau tidak diterimanya amalan kebaikan yang telah dilakukan.”

Oleh sebab itu, mari kita sempurnakan Ramadhan dengan menjalani puasa Syawal yang berlipat manfaat tersebut. Dan semoga mendapat maghfiroh Allah SWT. Aamiin.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

  • Bagikan Via: