Inilah Tips Meraih Kesuksesan di malam lailatul qadar

  • 2019-05-27 06:23:57

Tak terasa kita sudah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan 1440 Hijriah. Tepat pada hari sabtu kemarin yang merupakan hari ke 20 kita berpuasa.Nah untuk lebih memaksimalkan nya kita butuh tips meraih kesuksesan di malam lailatul qadar!

Di 10 malam terakhir bulan Ramadhan, ada satu malam yang sangat istimewa didalamnya. Jika kita beribadah dengan sungguh-sungguh di malam itu, maka itu lebih baik dari beribadah selama 1000 bulan. Malam istimewa itu kita kenal dengan istilah malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang tepat bagi umat muslim untuk memohon ampunan kepada Allah SWT di 10 hari terakhir. Setiap umat muslim berharap mendapatkan kemuliaan di malam Lailatul Qadar. Kemudian bagaimana cara mendapatkan malam Lailatul Qadar ?

Tidak semua orang mendapatkan malam Lailatul Qadar. Dibutuhkan niat dari hati dan lakukan dengan bersungguh-sungguh  untuk selalu meningkatkan ibadah terutama di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana yang dipraktikan Rasulullah SAW.

Berikut ini agar kita mendapatkan keutamaan lailatul qadar, maka hendaknya memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan

1. Qiyamul lail

Rasulullah SAW bersabda,”Barang siapa yang melakukan shalat Isya’ berjamaah, seolah-olah ia berqiyam (bangun malam) di separuh malam. Dan barang siapa yang shalat shubuh berjamaah, seolah-olah ia melakukan di sepanjang malam tersebut.” (HR. Ahmad Muslim).

2. Mengupgrade Ibadah

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan berbagai amal ibadah secarayakin dan percaya kepada pahala yang disediakan Allah dan dengan secara ikhlas, maka Allah akan mengampunkan segala
dosanya yang telah lalu.

Ibadah hendaknya dilakukan secara khusyuk dan bersungguh-sungguh.

3. Iktikaf di Masjid

Beriktikaf di masjid merupakan  salah satu cara kita mendapatkan malam penuh berkah. Abu Said menceritakan tentang iktikaf Rasulullah di masjid yang ketika itu berlantaikan tanah dan tergenang air.

Aku melihat pada kening Rasulullah ada bekas lumpur pada pagi hari Ramadhan.” [HR Muslim]



 


4. Bermujahadah Dalam Ibadah

Agar mendapatkan keberkahan malam lailatul qadar adalah dengan bermujahadah dalam ibadah kepada Allah SWT.

”Sungguh, Rasul tercinta pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, lebih bermujahadah melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya.”[(HR Muslim].

Bermujahadah disini seperti berpuasa dengan tanpa melakukan maksiat, membaca Alquran dengan pemahaman dan penghayatan dan menunaikan shalat tarawih. Dan hendaknya dilakukan secara bersungguh-sungguh.

5. Berdoa dengan Sungguh

Berdoa dengan sungguh-sungguh, yakin penuh harap bahwa Allah akan mengampuni dosa kita dan mengabulkan doa yang kita panjatkan.

Wahai Rasulullah,” tanya Aisyah, “Bagaimana menurutmu andai aku mendapatkan Lailatul Qadar? Doa apa saja yang harus aku baca?” Beliau bersabda, “Ucapkanlah, Ya Allah! Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Mulia, dan Engkau menyukai ampunan. Maka ampunilah aku.”[HR Tirmidzi]

Allah SWT menunjukkan tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar pada umatnya yang beruntung bisa mendapatkan keistimewaan malam tersebut.

Berikut ini Do’a Malam Lailatul Qadar :

"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni."

Artinya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku.

Doa tersebut berdasarkan riwayat hadits Ibnu Majah.

Dalam riwayat Imam Syafi'i doa yang juga sering dipanjatkan Nabi Muhammad ketika di malam 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah:

"Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.

Artinya: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Selain itu, doa lain yang bisa dipanjatkan yakni :

"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni"

Artinya : “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.

Doa di atas direkomendasikan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ditanya oleh istrinya Aisyah r.a. mengenai apa yang harus dikatakan jika mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

  • Bagikan Via: