Meski Rasanya Pahit Tetapi Memiliki Banyak Khasiat.

  • 2019-05-21 14:00:11

Kandungan Gizi Buah Pare dan Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan – Tanaman Pare adalah tanaman yang rasa nya pahit, berbentuk bulat memanjang dan memiliki bagian yang berbintil-bintil tidak beraturan. Tanaman Pare biasanya dipanen sebelum matang, karena kalau matang, rasanya akan semakin pahit. Warna dari buah ini sebelum matang berwarna hijau dan berubah menjadi warna oren setelah matang. Buah ini memiliki rasa pahit ini merupakan anggota dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Buah yang diyakini berasal dari Asia Selatan dan banyak ditemukan di Asia, Afrika dan Karibia ini biasanya dibudidayakan sebagai sayur-sayuran maupun pengobatan. Buah Pare atau juga kadang disebut dengan buah Peria dalam bahasa Inggris disebut dengan Balsam-pear, Bitter Melon, Bitter Gourddan Bitter Squash. Dalam bahasa Ilmiah, Buah Pare ini disebut dengan Momordica Charantia.

Buah yang memiliki rasa pahit ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi orang yang ingin menkonsumsinya. Manfaat-manfaat buah Pare ini diantaranya seperti mengendalikan penyakit diabetes, meningkatkan kesehatan pernapasan dan meningkatkan kesehatan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mengurangi risiko penyakit kanker.

Buah Pare juga mempunyai sifat-sifat seperti anti-inflamasi, anti-jamur, anti-biotik, anti-alergi, anti-histamin, anti-virus, anti-parasit dan juga sifat ekspektoran yaitu obat pelancar dahak karena dapat menghasilkan air liur yang lebih banyak.

Buah pare juga mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B1,B2,B3 dan folat.

Selain itu, manfaat dari buah pare itu sendiri antara lain :

-Mengatasi masalah gangguan pencernaan

Karena rasanya yang pahit buah pare baik untuk mengatasi konstipasi. Namun efeck samping dari memkannya dapat memicu rasa mulas dan memperparah gejala maag.

-Melawan infeksi  

Pare juga bisa digunakan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti                Streptobaccilus, E. coli, Salmonella, Staphylococcus aureus, dan Pseudomonas.

-Meningkatkan kesehatan pernafasan

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa buah Pare yang memiliki sifat anti-inflamasi, Anti-histamin, Anti-virus dan sifat ekspektoran yang dapat menjaga kesehatan pernafasan dan meringankan penyakit asma (asthma), bronkitis (bronchitis) dan demam (rhinitis). Sifat-sifat yang terdapat buah Pare ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Sekian artikel untuk hari ini semoga bisa menambah wawasan. Marilah kita menjaga alam yang indah ini dengan selalu bersyukur kepada sang pencipta alam yaitu Allah SWT.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Klik link di bawah.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

  • Bagikan Via: