Inilah Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan

  • 2019-05-20 06:33:55

Buah Kurma berbentuk lonjong silinder dengan panjang 3cm hingga 7cm dan berdiameter sekitar 2cm-3cm. Pohon Kurma (Phoenix dactylifera) yaitu pohon yang menghasilkan buah kurma ini merupakan tanaman jenis palma yang memiliki ketinggian sekitar 15m-25m dengan panjang daun 3m hinggan 5m. Buah Kurma yang diyakini berasal dari kawasan Persia ini telah dibudidayakan di negara-negara yang beriklim tropis dan subtropis diseluruh dunia terutama di kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi, Mesir, Iran, Irak, Oman, Sudan dan Uni Emirat Arab.

Buah Kurma dapat dikelompokan menjadi tiga kelompok utama yaitu Buah Kurma Lunak (Barhee, Halaw, Khadrawy dan Medjool), Buah Kurma Semi Kering (Dayri, Deglet Noor, Zahidi) dan Buah Kurma Kering (Thoory). Di negara-negara yang mayoritas agama Islam, buah kurma ialah makanan tradisional yang utama dan ideal untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Buah Kurma dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Date Palm.

Kandungan yang banyak pada buah kurma, seperti mineral, vitamin, dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, di dalam kurma juga terdapat zat besi, tembaga, kalium, magnesium, mangan, banyak vitamin B termasuk vitamin B6 (piridoksin), niacin, asam pantotenat, dan riboflavin. Kandungan kurma lainnya yaitu vitamin A, K, karoten, lutein, zeaxanthin dan serat.

Buah yang memiliki rasa manis ini dapat dikonsumsi dalam bentuk segar atau dikeringkan dan merupakan makanan sehat yang dapat meningkatkan energi kita. Berikut ini manfaat buah kurma baik untuk kesehatan tubuh kita.

1. Menyembuhkan Anemia

Anemia ditandai dengan jumlah sel darah merah yang sangat rendah dalam tubuh manusia karena kekurangan zat besi. Buah Kurma mengandung zat besi yang dapat mengatasi Anemia yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi ini. Konsumsi buah kurma secara teratur dapat membantu meningkatkan zat besi dalam darah dan juga meningkatkan vitalitas.

2. Mengobati Sembelit

Buah kurma merupakan makanan Laksatif (Laxative) atau pencahar yang dapat mengatasi sembelit dengan membuat kotoran bergerak dengan mudah di usus. Kandungan Serat larut pada buah kurma berperan penting dalam membantu pergerakan usus dan memperlancar sistem pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah Kurma mengandung berbagai mineral yang dapat membantu memperkuat tulang dan  mencegah osteoporosis. Kandungan mineral yang terdapat pada buah kurma diantara seperti Selenium, Mangan, Tembaga dan Magnesium memegang peranan penting terhadap perkembangan dan penguatan tulang terutama penguatan tulang pada usia-usia ketika tulang perlahan-lahan melemah.

4. Mencegah Kanker Abdominal (Kanker Perut)

Kanker Abdominal adalah Kanker yang berhubungan dengan Perut atau Abdomen yaitu bagian yang berada diantara dada dan pinggul. Kanker Abdominal meliputi Kanker Perut, kanker pankreas, Kanker usus, kanker ginjal, kanker rahim, kanker ovarium, kanker hati dan kanker kolorektal. Beberapa penelitian menunjukan bahwa buah kurma dapat menurunkan risiko dan dampak kanker abdominal.

5. Mengobati Gangguan Usus

Nikotin yang ditemukan pada buah kurma dapat menghambat pertumbuhan organisme patologis yang berbahaya dan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Buah kurma juga mengandung asam animo yang bermanfaat bagi pencernaan makanan sehingga gizi atau nutrisi dapat diserap maksimal oleh saluran pencernaan.

6. Menjaga Sistem Sarat Sehat

Sistem saraf mencakup sistem saraf pusat (central nervous system) dan sistem saraf tepi (peripheral nervous system). Buah kurma merupakan sumber vitamin yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem saraf manusia. Kandungan Kalium (Potassium) yang ditemukan pada buah kurma juga dapat meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan otak.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kalium yang terkandung pada buah kurma merupakan unsur vital pada sel dan cairan tubuh serta berfungsi untuk mengendalikan detak jantung dan tingkat tekanan darah tubuh sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner dan Stroke. Buah Kurma juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh kita.

Dan masih banyak lagi manfaat dari buah kurma, ini cuman salah satu dari banyaknya manfaat buah kurma. Nabi Muhammad SAW sendiri setiap pas buka puasa beliau rutin makan kurma sebanyak tiga biji, kurma yang dimakan adalah kurma Ajwa atau kebanyakan orang menyebutnya dengan sebutan kurma Nabi. Kurma inilah yang paling banyak dicari dan paling besar pula manfaatnya bagi kesehatan. Kurma Ajwa berasal dari Madinah, dan konon pohonnya ditanam sendiri oleh Rasulullah SAW.

Beliau bahkan menyarankan kurma Ajwa dikonsumsi bagi orang yang akan melakukan ibadah puasa.

"Siapapun yang setiap pagi memakan 7 buah kurma Ajwah, maka pada hari itu dia tidak akan mudah keracunan dan terserang penyakit," (H.R. Bukhari dan Muslim).

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

  • Bagikan Via: