Inilah sebab mengapa kita di anjurkan saling tolong menolong

  • 2019-05-16 06:11:36

Tolong menolong bukan hanya sekedar kata-kata, tapi harus menjadi realita. Kata tolong menolong tentu sudah tidak asing kita dengar. Orang ramai mengucapkannya dalam kehidupan sehari-hari, misalkan tolong menolonglah kamu dalam hal kebaikan, bantu dan tolonglah saudara atau teman yang sedang membutuhkan pertolongan dan masih banyak lagi kata tolong menolong yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata tolong menolong merupakan suatu kegiatan membantu di karenakan rasa simpati dan empati terhadap orang lain, baik berupa dalam bentuk benda, nasihat, maupun tenaga. Nah dalam islam sendiri tolong menolong harus pada kategori kebaikan. Dalam Al-Quran juga menjelaskan berkaitan dengan tolong menolong terdapat dalam Surat Al-Maidah Ayat 2 yang artinya

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya".    

Tolong menolong tidak cukup hanya sebatas kalimat saja, tapi juga harus kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap dari kita menjadi wajib untuk dapat tolong menolong saudara-saudara kita yang memerlukannya. Baik itu berupa dalam bentuk benda, nasihat, tenaga, maupun yang lainnya. Dikarenakan saat ini tentu masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan atau memerlukan bantuan dan pertolongan dari kita semua, misalkan saudara kita di wilayah palestina, atau diwilayah lainnya. Pentingnya tolong-menolong dalam kehidupan ini di karenakan manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Dan dalam islam juga telah mengajarkan bahwa tolong menolong itu telah menjadi kewajiban kita semua.

Manfaat dari tolong menolong secara sederhana dapat dimaknai, pekerjaan berat menjadi ringan, pekerjaan cepat selesai, mempererat tali persaudaraan, menciptakan persatuan, hemat waktu, menumbuhkan kerukunan antara sesama manusia, dapat terjalin rasa persaudaran yang amat kental. Dengan demikian kita dimudahkan senantiasa dapat menerapkan sifat tolong menolong dalam kehidupan secara istiqamah, apalagi sekarang bulan Ramadhan. Yang jika kita saling tolong menolong dalam hal kebaikan hanya karena mencari Ridho Allah SWT pahala atau ganjarannya dilipat gandakan.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

 

 

  • Bagikan Via: