Amalan Ramadhan 2019, agar selalu semangat Ibadah

  • 2019-05-09 14:05:58

Ramadhan (juga dikenal sebagai Ramzan, Ramadan, atau Ramathan), bulan yang dimuliakan oleh umat muslim di seluruh dunia, merupakan salah satu dari lima pilar Islam (Rukun Islam). Kata tersebut berasal dari Bahasa Arab “ramida” yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “Panas Terik yang Menghanguskan”. Puasa diwajibkan bagi semua muslim dewasa pada tahun kedua Hijriah (migrasi umat muslim dari Mekah ke Madinah). Orang yang dibebaskan dari kewajiban berpuasa hanyalah mereka yang sedang bepergian, lanjut usia, hamil, diabetes, sakit kronis, menstruasi, atau menyusui. Banyak anak-anak berusaha untuk menyelesaikan puasa pada usia sedini mungkin; sebagai usaha berlatih untuk kemudian hari.

Ramadhan, bulan ke-9 pada kalender Islam, merupakan salah satu bulan yang sangat diberkahi. Di bulan ini umat muslim berpuasa selama sebulan penuh, memaksimalkan diri berjuang dalam rangka meningkatkan ibadah, dan zikir kepada Alloh SWT. Puncak bulan Ramadhan diperingati Idul Fitri yang meriah sebagai rasa syukur umat muslim kepada Alloh SWT atas hadirnya bulan yang penuh berkah serta perayaan yang penuh semangat keagamaan. Dan untuk lebih memaksimalkan bulan ini kaum muslimin dipenuhi dengan memperbanyak tadarus Quran dan memperbanyak doa-doa serta memaksimalkan waktu mereka dengan berzikir. Kaum Muslim Berpuasa di bulan Ramadhan itu mengajarkan mereka arti kegigihan dan toleransi sesungguhnya. Karena selama sebulan muslim berpuasa, tidak hanya menahan diri dari rasa lapar dan haus selama waktu yang ditentukan, tapi mereka juga harus menahan semua emosi negatif seperti amarah dan berusaha membuktikan diri mereka untuk menjadi muslim yang sempurna. Lebih jauh lagi, Quran diturunkan nya pada bulan ini dan hal ini meningkatkan kesucian bulan tersebut.

Pada bulan ini setiap hari, sebelum fajar, umat muslim melaksanakan makan sebelum memulai berpuasa yang disebut sahur. Setelah berhenti sesaat sebelum fajar, umat muslim melaksanakan Subuh, sholat pertama di awal hari. Sahur merupakan hal yang sangat penting selama bulan Ramadhan karena merupakan asupan utama bagi tubuh untuk sepanjang hari, dan harus direncanakan dengan baik sehingga hal ini membantu tetap sehat.

Sedangkan Pada saat matahari terbenam, umat muslim berkumpul untuk makan iftar (takjil) guna membatalkan puasa mereka. Tepat setelah mendengarkan adzan Magrib, mereka membaca doa berbuka puasa untuk memohon rezeki dari Allah SWT.

Dan dibulan ini pertemuan sosial sangat sering dilaksanakan ketika berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Hidangan tradisional sering disajikan, termasuk makanan penutup tradisional, dan terutama yang dibuat hanya pada bulan Ramadhan.

Dan ba’da isya dilanjutkan dengan solat Tarawih. Tarawih sendiri  merupakan sholat tambahan yang dilaksanakan umat muslim pada malam hari setelah sholat Isya di bulan Ramadhan. Sholat ini bukan merupakan sholat wajib namun masih merupakan sholat yang paling penting (utama).

Di bulan ini juga Qur’an diturunkan biasa di sebut malam Lailatul Qadar, atau juga disebut sebagai "Malam Kemuliaan" adalah salah satu malam penting yang paling didambakan dalam Tahun Islam. Karena Al-Qur’an sendiri menjelaskan malam  ini lebih baik dari seribu bulan. Merupakan sepuluh malam ganjil terakhir di bulan Ramadhan dan penuh dengan keberkahan. Melakukan perbuatan baik pada satu malam tersebut sama dengan melakukan perbuatan baik selama lebih dari seribu bulan. Alloh sangat senang melihat umat muslim yang berpuasa di bulan ini untuk meraih berkah-Nya. Bulan Ibadah ini diakhiri dengan perayaan umat muslim, Idul Fitri.

Nah, di bulan Ramadhan umat muslim wajib A’in berzakat fitri. Zakat merupakan salah satu pilar Islam (rukun Islam) lainnya, dan memberikan amal menjadi lebih utama selama bulan Ramadhan. Ini adalah suatu cara untuk membersihkan kekayaanmu hanya karena Allah (SWT) dan dibayarkan atas aset yang dimiliki lebih dari satu tahun lunar. Zakat yang dikumpulkan perlu diberikan kepada masyarakat kurang mampu dan yang memerlukan. Pada bulan Ramadhan, semua amalan baik berpahala lebih dari bulan lainnya. Inilah sebabnya mengapa banyak orang memilih memberikan zakat (sodaqoh) untuk masyarakat yang kurang mampu di bulan ini.

Di samping itu terkandung di dalamnya juga sifat yang mulia yaitu kedermawanan dan kecintaan untuk selalu membantu sesama muslim dan sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa terhadap apa yang terjadi dalam berpuasa, baik berupa kekurangan, kekeliruan maupun perbuatan dosa yang dikerjakannya selama berpuasa.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

 

  • Bagikan Via: