Umrah dibulan Ramadhan sama dengan Haji

  • 2019-05-07 06:47:01

Ramadhan ialah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Di bulan ini pintu surga dibuka, sedangkan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, dan setan dirantai dalam tahanan Allah Swt. Pada saat bulan ramadhan tiba berbagai amalan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali lipat. Jika  di selain bulan ramadhan perbuatan baik atau buruk yang dilakukan oleh manusia hanya diganjar dengan satu kali imbalan, namun di bulan ramadhan ini semuanya akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Abu Hurairah berkata bahwa Nabi Saw bersabda :

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat……………” [HR. Bukhari]

Dan bukan hanya kebaikan saja yang didapatkan, Allah SWT memberikan keistimewaan di bulan Ramadhan yakni “Umrah”. Dalam sebuah keterangan dijelaskan, bahwasanya ibadah Umrah di bulan Ramadhan akan diganjar dengan pahala yang sama dengan pahala orang yang melakukan ibadah haji.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku.” [HR. Bukhari ]. Dalam riwayat yang lain juga disebutkan, khajjata ma'ii. Artinya, (pahalanya seperti) haji bersamaku. Lalu apakah hadis tersebut dianggap sahih oleh kebanyakan ulama?

Melansir dari laman Muslim.or.id, hadis tersebut tergolong hadis yang shahihain atau sahih. kemudian hadis itu dijadikan sebagai keutamaan ibadah umrah pada bulan Ramadhan. Akan tetapi, sebagian ulama juga berpendapat bahwa hadis tersebut eksplisit (khusus) untuk seorang perempuan yang kala itu ditanyai Rasulullah, "Mengapa engkau tidak berhaji bersamaku?". Perempuan itu menjawab, ia tak berhaji bersama Rasulullah lantaran harus mengurus rumah tangga untuk menggantikan suaminya yang ikut berhaji bersama Rasulullah. Maka kemudian, Rasulullah berkata kepada perempuan itu, "Apabila nanti datang bulan Ramadhan, pergilah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan pahalanya sama seperti ibadah haji."
 
Dari situlah, pendapat ulama terpecah menjadi dua. Ada sebagian ulama beranggapan bahwa hadis tersebut khusus ditujukan untuk perempuan itu saja. Beberapa ulama bersikukuh bahwa hadis itu berlaku untuk semua orang yang beribadah umrah pada bulan Ramadhan. 
 

Ulama yang tidak sepaham, kemudian mengajukan pertanyaan, bagaimana mungkin pahala ibadah umrah bisa sama seperti haji? Karena, amalan yang dilakukan haji lebih banyak??
Ulama ahli hadis dan ahli fikih menjawab, hadis itu sama seperti hadis Rasulullah tentang keutamaan membaca surat Al-Ikhlas yang sama dengan membaca sepertiga Alquran. Padahal, surat Al-Ikhlas hanya terdiri dari empat ayat. 

Meskipun Rasulullah selalu berumrah pada bulan Dzulqa'dah, tetapi jumhur (kebanyakan) ulama berpendapat bahwa umrah pada bulan Ramadan sangat diutamakan jika membicarakan pahala.

Sedangkan jika berbicara keutamaan mengikuti kebiasaan Rasulullah, maka umrah pada bulan Dzulqa'dah lebih diutamakan. Yang pasti, tidak diperbolehkan seseorang membanding-bandingkan dan menghakimi orang lain. Karena semua punya dalil masing, yang jangan melenceng dari Al-Qur’an, Hadist, Ijma dan Qiyas.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

 

 

 

  • Bagikan Via: