amalan-amalan di hari jum'at

  • 2019-03-22 08:57:40

Hari jum’at adalah hari yang penuh berkah dalam sepekan. . Pada hari tersebut ada kejadian-kejadian besar, di antaranya  pada hari tersebut Adam diciptakan, di hari itu pula beliau dimasukkan dalam surga, juga pada hari tersebut beliau dikeluarkan dari surga. Sampai-sampai Allah SWT mengkhususukan hari jum’at ini hanya bagi kaum muslimin dari seluruh kaum dari umat-umatnya terdahulu.

Allah SWT berfirman : “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan ibadah solat jum’at, maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumu’ah: 9)

Hari jum’at disebut juga “Sayyidul Ayyam”,  atau hari yang lebih utama dibanding hari lainya. Apa alasannya? Kenapa harus hari jum’at?

Pertanyaan ini dijawab oleh hadist Nabi Saw. yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. “Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat

Adapun amalan-amalan sunah pada hari Jumat  diantaranya:


1. Banyak bersholawat ke pada Nabi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i)

2. Membaca surat Al-Kahfi

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat AlKahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan meneranginya di antara dua Jum’at.” (HR. Hakim dalam Mustadrok, dan beliau menilainya shahih)

3. Perbanyak Do’a

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Imam Membaca Surah AsSajdah pada Rakaat pertama dan Surah AlInsan pada Rakaat ke-dua pada Shalat Shubuh

Dari Abu Harairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jum’at “Alif Lam Mim Tanzil …” (surat As Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani á¸yiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuuraa” (surat Al Insan) pada raka’at kedua.” (HR. Muslim)

Jika seorang makmum tidak kuat berdiri terlalu lama, maka imam hendaknya tidak memaksakan diri untuk membaca kedua surah tersebut.

setelah membaca artikel tersebut semoga kita bisa mendapat manfaat yang lebih besar dengan menambah amalan-amalan ibadah yang disyari’atkan. Sungguh begitu banyak jalan agar kita bisa meraup pahala sebanyak-banyaknya sebagai bekal perjalanan kita di akhirat kelak.

 Wallahu a’lam.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

  • Bagikan Via: