Cara Meraih sukses Dunia Akhirat

  • 2019-03-19 14:20:21

Pengusaha yang sukses tidak hanya sekedar kaya secara materi. “Pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang sukses dunia maupun akhirat. Itulah para Muslim Pengusaha, ” tutur Winarto AR pada workshop bertajuk ” How to Start a Business” yang digelar komunitas pengusahamuslim.com di Jakarta.

Islam mengajarkan kita supaya menjadi orang kaya. Jika kita  mengacu pada ajaran islam melewati risalah yang dibawa Nabi Muhammad SAW -Sang Manusia agung yang layak jadi prototype Bussinessman sejati- bahwasanya Tujuan berniaga menurut Islam sebetulnya ialah untuk menegaskan, mengenalkan dan dan juga memperluas aktivitas dakwah dan penyebaran syariat islam yang pasti salah satu tujuannya adalah dalam berberibadah dan mendapat ridha dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Oleh karena itu, Islam justru mengajarkan bahwasanya di dalam perniagaan dan perdagangan itu, hendaklah kita-sebagai seorang muslim sentiasa mencari keridhoan Allah dengan niat dan perlaksanaan dan pelaksanaan sesuai syariat islam. Oleh karenanya, disamping mencari keuntungan material semata (just focus on profit and material oriented)? Islam justru malah mengajarkan kita  bahwasanya di dalam perniagaan dan perdagangan itu, hendaklah kita-sebagai seorang muslim sentiasa mencari keridhoan Allah SWT


Dalam beberapa hadist dijelaskan alangkah Nabi berkata bahwasanya tersedia beberapa keutamaan yang kelak bisa diraih dengan kami berdagang. Di antaranya:
"Pedagang yang bisa dipercaya dan beramanat, bakal bersama para Nabi, orang-orang yang bisa dipercaya dan orang-orang yang mati syahid." (Riwayat al-Hakim dan Tarmizi dengan sanad hasan).

Rasulullah menyejajarkan kedudukan seorang pedagang yang bisa dipercaya dengan kedudukan seorang mujahid dan orang-orang yang mati syahid di jalan Allah, sebab sebagaimana kita  ketahui dalam kehidupan bahwa apa yang disebut jihad bukan hanya terbatas dalam medan perang semata-mata tetapi meliputi lapangan ekonomi juga.


Marilah  bersama-sama mengawali membangun lagi kejayaan Islam dengan menjadikan sistem perniagaan yang jujur dan sesuai syariat Islam. Sebab dengan melakukan yang demikian itu? Bukan mustahil jika Allah bakal menghadiahkan sesuatu yang indah dan nikmat yang akan dirasakan bukan hanya umat islam saja ketika system perdagagan memakai syariat yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadist.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

Wallahu a’lam bisshawab.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

  • Bagikan Via: