Sudahkah Anda Melakukan Ini Ketika Berjumpa Pada Bulan Rajab

  • 2019-03-14 04:47:24

Ketika memasuki bulan Rajab banyak keutamaan dan amalan dibulan yang penuh berkah ini. Dan salah satu  keutamaan dibulan Rajab ini adalah pahala yang akan diberikan Allah SWT kepada kita untuk orang yang melaksanakan ibadah puasa di bulan ini.

Ada juga amalan dan keutamaan dibulan Rajab ini, Antara lain:

 Yang pertama: Dalam suatu riwayat Rasulullah SAW bersabda: “Bulan Rajab adalah bulan penuh dengan permohonan dan ampunan bagi ummatku, maka hendaknya mereka memperbanyak istighfar di dalamnya.” Yakni:

Astaghfirullâha Wa Atuubu Ilaihi

“Aku mohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya”

Yang Kedua: Dalam suatu riwayat disebutkan, “Bagi yang tidak mampu berpuasa agar memperoleh pahala puasa di bulan Rajab, maka hendaknya setiap hari ia membaca tasbih berikut 100 kali:

Subhanal Ilâhil Jalîl, Subhâna Man Lâ Yanbaghit Tasbîhu Illâ Lahu, Subhânal A’azzil Akram, Subhâna Man Labisal ‘Izzi Wa Huwa Lahu Ahlun.

“Mahasuci Tuhan Yang Maha Agung, Mahasuci yang tak layak bertasbih kecuali kepada-Nya, Mahasuci Yang Maha Agung dan Maha Mulia, Mahasuci Yang Menyandang keagungan dan hanya Dia yang layak memilikinya.”

Yang Ketiga: Membaca: Yâ Dzal Jalâli Wal-Ikrâm, Yâ Dzan Na’mâi Wal-Jûd, Yâ Dzal Manni Wath-Thawl, Harrim Syaibatî `Alan Nâri.

“Wahai Yang Maha Agung dan Maha Mulia, wahai Pemilik kenikmatan dan kedermawanan, wahai Pemilik anugerah dan karunia, selamatkan putihnya rambutku dari api neraka.”

Yang Ke 4: Rasululah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca di bulan Rajab Istighfar berikut sebanyak 100 kali dan mengakhirnya dengan bersedekah, Allah akan mengakhirinya dengan rahmat dan maghfirah. Barangsiapa yang membacanya 400 kali, Allah memcatat baginya pahala 100 syuhada’:

Astaghfirullâha Lâilaha Illa Huwa Wahdahu Lâ Syarîkalah, Wa Atûbu Ilaihi.
“Aku memohon ampun kepada Allah, tiada Tuhan kecuali Dia Yang Maha Esa, Yang tiada sekutu bagi-Nya, aku bertaubat kepada-Nya.”

Yang Ke 5: Membaca Lailâha illallâh (1000 kali). Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca di bulan Rajab Lâilâha illallâh sebanyak seribu kali , Allah mencatat baginya seratus ribu kebaikan dan membangunkan baginya seratus kota di surga.”

Yang Ke 6: Membaca Astaghfirullâh Wa Atûbu Ilaihi, pagi dan sore sebanyak (70 kali) dan diakhiri dengan membaca doa:

Allâhummaghfirlî Wa Tub `Alayya
“Ya Allah, ampuni aku dan bukakan pintu taubat bagiku.”

Dalam suatu hadis mengatakn Rasulullah SAW bersabda,  “Barangsiapa yang membaca Istighfar pagi dan sore sebanyak 70 kali dan kemudian diakhiri dengan doa tersebut dengan mengangkat tangannya, jika ia mati di bulan Rajab matinya diridhai oleh Allah dan tidak disentuh oleh api neraka karena berkah bulan Rajab.”

Yang Ke 7: Memperbanyak Membaca Istighfar berikut sebanyak (1000)x, agar senantiasa mendapat pengampunan dosa dari Allah:

Astaghfirullâha Dzal Jalâli Wal-Ikrâm Min Jamî`Idz Dzunûbi Wal-Âtsâm
“Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung dan Maha Mulia dari semua dosa dan kesalahan.”

Dan masih banyak lagi keutamaan dan amalan untuk memenuhi amalan kita setiap harinya. Ingat, fadilah ini tidak hanya berlaku khusus pada bulan Rajab, namun pada seluruh bulan haram. Kita tidak boleh mengkhususkan keistimewaan bulan kecuali berdasarkan dalil. Sementara dalil di atas menyinggung keempat bulan agung tersebut, tak hanya berbicara bulan Rajab.

Wallahua’lam bis showab.


Yuk mari kita tingkatkan keimanan dan manfaatkan sisa-sisa usia kita, karena belum ada jaminan untuk kita berjumpa lagi dengan hari esok.  Dan salah satu amalan  yang dapat memperpanjang umur adalah berSEDEKAH.

 

 Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya sedekah seorang Muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga diri darinya.”(HR. Thabrani).

Wallahua’lam bis showab.

 

Klik link dibawah untuk melihat projek-projek Indonesia belajar.

https://indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

  • Bagikan Via: