Alasan kenapa Kita Harus Menjaga Keanekaragaman Hayati

  • 2019-03-12 00:06:22

Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dijadikan tempat tinggal dan tempat untuk menjalankan kehidupan makhluk hidup. Seisi bumi tak hanya diisi oleh makhluk hidup saja yang termasuk ke dalam komponen biotik, namun juga diisi komponen abiotik. Keragaman yang ada di bumi kerap disebut dengan keanekaragaman hayati

Menurut buku yang ditulis oleh Pahlewi pada tahun 2017, keanekaragaman hayati atau biodiversitas di Indonesia cukup tinggi. Bahkan, negara kita yang memiliki iklim tropis ini dikenal sebagai megabiodiversitas di dunia karena jumlahnya yang cukup tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor utamanya yaitu iklim yang mendukung flora fauna bertahan hidup dan berkembang.

Biodiversitas adalah suatu tingkat yang ada di dalam bumi dan hal ini menjadi patokan atau ukuran dalam penentu kesehatan bumi. Keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan suatu ekosistem darat memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada biodiversitas lingkungan di kutub. Hal ini disebabkan oleh iklim atau cuaca karena biodiversitas merupakan fungsi dari iklim.

Lingkungan hidup merupakan sebagai salah satu aspek kehidupan untuk mendapatkan kedudukan yang penting dalam pelajaran islam. Kita juga harus mempunyai kesadaran terhadap keanekaragaman hayati dalam menjaga dan melestarikannya. Berdasarkan pandangan surat An-Nahl ayat 66 dan 80 serta surat Al-Mu’minun ayat 19.

“ dan sesungguhnya pada binatang ternak terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah di telan bagi orang-orang yang meminumnya,”

Manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia.

Sumber pangan, papan dan segala jenis obat-obatan

Lahan untuk penelitian dan perkembangan ilmu

Sebagai sarana untuk meningkatkan value budaya

Sebagai penunjang keberlanjutan ekosistem.

Dan masih banyak lagi,

Jika kita mempelajari keanekaragaman hayati kita akan mendapatkan beberapa keuntungan, kita bisa mengetahui keragaman hayati apa saja yang ada pada sekeliling kita terutama tumbuhan-tumbuhan yang beberapa diantaranya bisa kita gunakan untuk obat. kita juga bisa mengajarkan tentang keragaman hayati yang kita tahu pada orang lain yang membutuhkan, dan juga dalam mempelajarinya kita bisa menambah wawasan kita tentang keragaman hayati di negara kita ini.  

Terima kasih.

Wasalam wr.wb

  • Bagikan Via: