Tahukah kamu, salah satu buah yang namanya diabadikan dalam Al Qur'an ? - Indonesia Belajar

  • 2020-07-06 14:35:59

Tin adalah pohon yang berasal dari tanah Arab dan menjadi kebanggaan bangsa Arab karena diberkahi. Tin dianggap sebagai pohon tertua yang dikenal manusia dalam sejarah kemanusiaan

Pada musim kemarau, buah tin dibuat untuk menu makanan yang lezat. Sedangkan pada musim hujan, buah tin diolah sebagai makanan kering yang sangat diminati.

Sebenarnya, pohon Tin berasal dari ujung selatan Jazirah Arab, tetapi kemudian menyebar ke Asia Kecil, seperti Anatolia, Turki, dan Afghanistan, ke Eropa melalui orang-orang Tunisia dan Yunani, serta ke Timur melalui Suriah hingga sampai ke India.  Buah yang memiliki nama ilmiah Ficus carica ini termasuk salah satu superfood karena memiliki serat yang tinggi, rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Buah Tin rasanya manis dan renyah ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C yang tinggi.

Pohon yang diberkahi ini telah digunakan oleh Allah SWT sebagai kata sumpah dalam Kitab-Nya yang berbicara tentang hal-hal yang luar biasa. Dan, Allah hanya bersumpah dengan sesuatu yang agung.

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.” (QS AT-Tin:1).

Pohon buah Tin juga akan berbuah sepanjang tahun karena bukan termasuk buah musiman. Buah Tin juga banyak jenis atau varietasnya, buah Tin Yordan adalah yang paling terkenal diantara jenis lainnya di Indonesia. 

Buah yang pernah kamu tahu atau tidak ini adalah salah satu buah yang sangat memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Nah, apa saja sih manfaat dari buah tin yang sangat istimewa ini ?

  • Daunnya bisa digunakan untuk melawan diabetes

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa daun semak tin dapat membantu mengatur gejala diabetes. Sebuah studi 2016 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ficusin, ekstrak dari daun pohon tin meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki sifat antidiabetes lainnya. Penelitian yang dilakukan terhadap hewan tersebut di tahun 2003 menunjukkan bahwa, ekstrak tin dapat berkontribusi pada perawatan diabetes dengan menormalkan asam lemak darah dan tingkat vitamin E.

  • Mengobati Penyakit Kulit

Dalam beberapa tradisi pengobatan tradisional, buah tin digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis. Belum ada penelitian ilmiah yang konklusif, tetapi bukti anekdotal dan penelitian awal menunjukkan hasil yang menjanjikan.

  • Menjaga Berat Badan

Serat dalam buah tin dapat membantu menurunkan berat badan dan sering direkomendasikan untuk orang-orang gemuk. Menurut sebuah penelitian oleh Dr. Joe Vinson dari The University of Scranton, buah-buahan kering, terutama buah tin adalah sumber nutrisi yang unggul. Namun, jumlah kalorinya yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, terutama ketika dikonsumsi dengan susu.

  • Mengobati disfungsi seksual

Selama berabad-abad, buah tin telah direkomendasikan untuk mengatasi disfungsi seksual seperti kemandulan serta disfungsi ereksi. Buah ini diyakini sebagai obat kuat atau suplemen seksual selama berabad-abad. Sebagian besar karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

  • Menjadikan kulit cantik dari dalam

Buah tin adalah sumber vitamin, antioksidan, dan mineral yang sangat baik untuk kulit. Nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu sirkulasi darah serta nutrisi, sehingga kulit senantiasa cantik.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Orang biasanya mengkonsumsi natrium dalam bentuk garam, tetapi kadar kalium rendah dan natrium yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi. Buah tin mengandung banyak kalium dan rendah sodium, sehingga mampu mengatasi hipertensi. Ini juga menjadikan tin sebagai bahan makanan yang berkhasiat menenangkan saraf.

  • Memperkuat Tulang

Studi mengatakan bahwa buah tin kaya akan kalsium yang merupakan salah satu komponen terpenting dalam memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Buah tin juga kaya fosfor yang mendorong pembentukan tulang dan memacu regenerasi jika ada kerusakan atau degradasi pada tulang.

  • Mencegah Kanker Perut dan Kulit

Fakultas Farmasi, Nutrisi dan Ilmu Kesehatan Universitas Calabria, Italia menyatakan bahwa buah tin merupakan sumber senyawa bioaktif seperti asam lemak dan fenol. Senyawa ini membantu menurunkan risiko kanker kulit. Menurut sebuah penelitian, buah ini kaya akan enzim proteolitik yang dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker di lambung. Kandungan serat tin bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker perut, usus besar, dan kanker payudara.

  • Mencegah Penyakit jantung coroner

Buah tin kering mengandung fenol, asam lemak omega-3, dan asam lemak omega-6. Kedua asam lemak ini daapt mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Tak hanya buahnya, daun tin juga memiliki efek menghambat trigliserida, sehingga jumlah total trigliserida menurun. Trigliserida sendiri merupakan salah satu faktor penyebab utama berbagai jenis penyakit jantung.

  • Menurunkan Kolesterol

Buah tin mengandung pektin yang merupakan serat larut untuk menstimulasi pergerakan usus yang sehat. Tin juga dapat memiliki efek pencahar, karena kaya akan serat. Ketika serat bergerak melalui saluran pencernaan, ia mengyapu kelebihan gumpalan kolesterol dan membawanya ke sistem ekskresi untuk dikeluarkan dari tubuh. Menurut sebuah penelitian, pektin juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan aktivitas antikanker.

Nah, itulah sederet manfaat buah tin yang disinggung dalam Alquran dan menjadi satu surat khusus yang bernama AT-Tin.

Wallahu a’lam

Semoga bermanfaat

(Disarikan dari berbagai sumber)

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

  • Bagikan Via: