Yuk cari tahu tentang Aglet - Indonesia Belajar

  • 2020-06-24 13:54:36

Apa sih aglet itu? Aglet (atau aiglet) adalah plastik kecil atau logam selubung yang biasanya digunakan pada setiap ujung kabel, tali sepatu, atau tali. Aglet dibuat dari serat-serat fiber atau selotip untuk mencegah tali terurai. Banyak orang yang tidak tahu kata aglet ini, padahal bagian dari tali sepatu ini sangat penting juga lho. Aglet menahan serat-serat dari tali sepatu agar tidak terurai, atau biasanya orang Indonesia akan mengatakan kain yang brodol. Kemudian, aglet juga mempermudah kita saat memasukkan tali sepatu ke dalam lubang pada sepatu.

Aglet kata (aiglet) berasal dari bahasa Prancis Lama dari kata aguillette (atau aiguillette), yang berarti jarum, ada juga yang mengatakan bahwa berasal dari kata Acus (Bahasa Latin) yang berarti untuk jarum juga karena sebuah aglet seperti jarum kecil di ujung tali.

Ada perbedaan halus antara aglets, yang umumnya fungsional, dan aiguillettes, yang umumnya dekoratif. Aglets ini biasanya muncul pada akhir pita dekoratif, seperti ikatan bolo, tali sepatu dan tali tambang, sedangkan aiguillettes identik kepada pakaian seragam militer.

Selain untuk menyegel ujung tali, aglet di zaman dahulu kemungkinan digunakan seperti kancing pada pakaian. Yaitu berupa benda keras yang terdapat pada ujung pita. Aglets saat ini paling sering dibuat dari plastik, ada juga yang terbuat dari logam, kaca, dan batu. Banyak juga yang sangat bagus , karena terbuat dari logam mulia dan perak. Sebelum penemuan kain (cotton) , mereka digunakan pada ujung pita untuk mengikat pakaian bersama.

Kadang-kadang mereka dibentuk menjadi angka kecil, aglets buatan rumah biasanya terbuat dari pita perekat (selotip), wax, resin, lem, benang, panas menyusut atau tubing logam, dan hanya dengan knotting atau leleh akhir fiber atau tali. Kemungkinan, Bangsawan di zaman Romawi kuno menggunakan logam-logam yang mahal seperti kuningan atau perak.

Untuk sementara waktu selama perang dunia ke-2, aglets terbuat dari kertas dan lem. Ironisnya, aglets di anggap tidak penting dan jarang ada yang tahu namanya, padahal peran aglets itu berguna banget. Coba kita bayangkan betapa susahnya kalo ujung tali sepatu tidak ada agletsnya.

Wallahu a’lam

(Disarikan dari berbagai sumber)

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

  • Bagikan Via: