Nyamuk paling suka menggigit orang bergolongan darah O – Indonesia Belajar

  • 2020-05-05 08:52:07

Tahukah kamu kalau ternyata Nyamuk suka pilih-pilih darah manusia yang akan digigitnya. Golongan darah juga ikut memengaruhi ketertarikan nyamuk. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah O dua kali lebih mungkin untuk mendapatkan gigitan nyamuk ketimbang orang-orang bergolongan darah B. Golongan darah A bahkan kurang populer dibanding golongan darah B selain itu juga ada penelitian yang menyatakan bahwasanya nyamuk juga menyukai aroma tubuh manusia terutama aroma tubuh manusia yang baru saja selesai berolahraga.  Sebab saat berolahraga, tubuh menghasilkan keringat dimana kandungan keringat ada asam laktat, asam urat, dan octanol.

85 Persen manusia juga mengeluarkan zat kimia yang dapat memberitahu nyamuk tentang golongan darahnya. Tentu saja orang-orang ini lebih mungkin dikejar nyamuk ketimbang orang yang masuk kategori 15 persen lainnya.

Secara umum, orang-orang bertubuh gemuk dan perempuan hamil lebih mungkin masuk ke dalam radar nyamuk karena karbon dioksida yang dikeluarkannya lebih banyak.

Nyamuk menggunakan organ yang disebut maxillary palp untuk melihat awan karbon dioksida sebelum menyerang manusia. Organ ini disetel begitu halus sehingga dapat mendeteksi gas dari jarak lebih dari 160 kaki atau sekitar 48 meter.

Orang bertubuh gemuk cenderung memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi, karena mereka membakar lebih banyak energi ketika tubuh sedang beristirahat. Hal ini karena tubuh mereka lebih besar dan lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk memompa darah dan terus bergerak. karena mereka membakar lebih banyak bahan bakar sepanjang waktu, mereka menghasilkan lebih banyak karbon dioksida - sebuah produk sampingan dari perubahan makanan menjadi energi - dibandingkan orang dengan tingkat metabolisme yang lebih rendah.

Dr James Logan, ahli nyamuk dunia, dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Jurnal Biomed Central pada tahun 2010 membuktikan bahwa orang-orang yang bertubuh tinggi atau gemuk juga beresiko lebih besar digigit nyamuk hanya karena ukuran tubuh mereka yang lebih besar.

  • Bagikan Via: