Amaliah Sedekah di Bulan Rajab -Indonesia Belajar

  • 2020-03-05 07:15:18

Bulan  Rajab merupakan bulan ibadah untuk memperbanyak amalan kebaikan dan salah satu amaliah yang sering di lakukan oleh para ulama terdahulu dan mereka mengabadikannya dalam turast klasik selain berpuasa, membaca “istigfar Rajab”, shalat sunat yaitu bersedekah.

Bersedekah merupakan salah satu kebaikan yang dilipatgandakan pahala oleh Allah SWT. Tetapi dalam bulan Rajab Allah akan membalas setiap amalan kebaikan dengan 70 kebajikan.

Orang yang tidak kuat dari berpuasa pada bulan Rajab hendaklah bersedekah tiap-tiap hari sekurang-kurangnya sebiji roti. Dalam hal ini Rasulullah SAW menerangkan tentang kelebihan bersedekah bulan Rajab dalam beberapa hadis :
 
Pertama, Bersedekah pada bulan Rajab, dijauhkan Allah daripada api neraka karena kemuliaan bulan Rajab, Bulan Allah.

Kedua, Barang siapa melapangkan berbagai macam kesusahan, kesempitan orang mukmin pada bulan Rajab niscaya dikurniakan oleh Allah kepadanya Mahligai yang besar di dalam syurga Firdaus.

Ketiga, Barang siapa bersedekah pada bulan Rajab seperti sedekah seribu dinar, dituliskan bagi setiap helai bulu romanya seribu kebajikan, diangkat seribu derajat dan dihapuskan seribu kejahatan serta dijauhkan daripada api neraka.

Diantara bunyi hadist tentang kelebihan bersedekah di bulan Rajab yaitu:

Baginda Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang sedekah pada bulan Rajab maka Allah SWT jauhkan dia dari neraka sejauh jarak terbang seekor burung elang yang terbang dari kecil hingga mati tua.”
Dalam hadist juga disebutkan yang terjemahnya:

Baginda Nabi SAW bersabda: “Barang siapa melapangkan kesulitan seorang mukmin di bulan Rajab, maka Allah SWT berikan istana di surga Firdaus seluas pandangan matanya”

Semoga apa yang telah menjadi amaliah kita dibulan rajab, senantiasa dalam ridha Allah SWT. Karena tanpa keridhaannya amalan apapun tidak akan ada gunanya. Oleh karenanya kita semestinya melihat dan memperhatikan, apakah amaliah yang kita lakukan ini sesuai dengan apa yang diridhai Allah SWT.

Mudah-mudahan kita selaku muslim yang memuliakan bulan ini, senantiasa diberi kemudahan dalam melakukan amala-amalan nya.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

  • Bagikan Via: