Al-Majriti (950) M Pelopor Organisai Penelitian Ilmiah -Indonesia Belajar

  • 2020-02-12 04:10:36

Abul Qasim Maslamah bin Ahmad Al-Majriti. Al-Majriti berarti "dari Madrid"; lahir Madrid – meninggal 1008 atau 1007 M/397 H), adalah seorang astronom, alkimiawan, matematikawan, dan ulama Arab Islam dari Al-Andalus (Spanyol yang dikuasai Islam). Ia juga ikut serta dalam penerjemahan Planispherium karya Ptolemeus, memperbaiki terjemahan Almagest, memperbaiki tabel astronomi dari Al-Khwarizmi, menyusun tabel konversi kalender Persia ke kalender Hijriah, serta mempelopori teknik-teknik geodesi dan triangulasi. Ia juga ditulis sebagai salah satu penulis Ensiklopedia Ikhwan As-Shafa, tapi kecil kemungkinan bahwa ia benar-benar salah satu penulisnya.

Ketertarikan al-Majriti yang luar biasa terhadap ilmu perbintangan, pendapatnya bahwa ilmu astronomi membuat manusia memahami peredaran planet dan bintang. Kaitannya dengan itu al-Majriti banyak melakukan penelitian dan pengamatan benda-benda langit. Al-Majriti juga tertarik memahami isibuku yang menjadi karya ilmuwan terdahulu, termasuk ilmuwan Yunani.

Al-Majriti menulis sebuah risalah matematika yg berjudul Al-Mutamalat dalam risalah ini, ia menjelaskan mengenai penerapan matematika dalam penjualan dan pejaka, penggunaan al-jabar, operasi dan geometri dan ilmu hitung.

Keahliannya dalam bidang astronomi menuntun Al-Majriti menuliskan risalah pada bidang itu. Risalah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin oleh Joan Hispalensis dan john dari Savilla. Ia pun menulis sebuah komentar tentang Planisphaerium Ptolemeus.

Rudolp dari Beruges, kemudian menerjemahkan karya Al-Majriti tersebut. Pada 979 Masehi, Al-Majriti melakukan observasi astronomi. Melalui hasil observasinya itu, ia melakukan revisi table astronomi yg sebelumnya di buat oleh AL-Khawarizmi.

Al-Majriti mengedit dan mengoreksi table itu, dan disesuaikan kembali dengan tahun Hijriyah. Ia sempat pula mengenalkan trigonometri, terutama penggunaan sinus dan tangent. Selain itu, ia membuat ringkasan karya ilmuwan ternama lainnya, Al-Battani, yg berjudul ziij.

Ia juga membangun sekolah astronomi dan matematika yang menjadi pelopor organisasi penelitian ilmiah di Andalusia.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

  • Bagikan Via: