Apa Itu Pruritus??? -Indonesia Belajar

  • 2020-01-21 07:56:17

Demam adalah kondisi disaat dimana tubuh mengalami peningkatan suhu di atas 37,5 derajat celcius, dan dilakukan menggunakan pengukuran thermometer. Dan rasa gatal yang dialami terkadang muncul pada penderita demam. Jika khwatir dengan hal demikian sebaiknya kita bisa berkonsultasi ker dokter setempat mengenai gejala tsb.

Pruritus ialah rasa gatal yang berkaitan dengan seluruh tubuh. Gatal dapat disertai dengan ruam. G gatal dapat terjadi singkat namun dapat pula berat hingga dapat memberatkan penderitanya.

Penyebab pruritus dapat disebabkan gangguan kulit ringan, seperti kulit yang terlalu kering, gigitan serangga, hingga kegatalan yang diakibatkan oleh penyakit gangguang sistematik seperti, diabetes militus.

Penyebab pruritus ini terbagi menjadi 2 bagian :

- Kondisi kulit yang diakibatkan beberapa gangguan kulit yang menyebabkan kondisi kulit menjadi gatal, antara lain eksim, urtikaria dan biduran, dermatitis kontak alergi, psoriasin, folkulitis, ketombe, prurigo, dan inflamasi pada mukosa mulut atau lichen planus.

- Reaksi pada kulit yang di picu oleh benda-benda seperti perhiasan yang mengandung nikel atau kobalt yang dapat membuat gatal pada kulit. Pemicu lainnya seperti karet, lateks, bahan tekstil, wewangian seperti cat rambut, tanaman seperti serbuk bunga yang menjadikan kulit tersa gatal dibagian yang telah terkena hal demikian. Sama halnya dengan obat-obatan, seperti aspirin , paparan sinar ultra violet yang berlebihan serta cuaca yang lembap atau panas.

- Sengatan atau gigitan serangga parasit seperti, kutu rambut, cacing kremi, ngengat kutu loncat nyamuk, lebah tawon, dsb. Yang demikian itu dapat menular seksual yang mengakibatkan datang nya gejala atau pokok pruritus.

- Infeksi, pada luka terdapat jamur kurap sehingga terasa gatal, sama halnya penyakit cacar air. Infeksi jamur pada kaki atau kutu air, infeksi jamur pada area vagina atat penis juga dapat menyebabkan pruritus.

Permasalah diatas bila kita teledor menyikapinya akan mampir mengunjungi, tapi sebaliknya bila kita selalu waspada dan sgresif serta reaksioner, kemungkinan bisa menghindar dan malah menjauhi. Jagalah kebersihan, karena kebersihan sebagian dari iman.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

  • Bagikan Via: