Kata Siapa Bisnis Harus di Awali Modal yang Besar

  • 2019-09-03 04:15:50

Biasanya kita terpengaruh dengan kalimat “Memulai bisnis harus punya modal puluhan juta”  hmm parah juga kan. Tapi ternyata gak semua bisnis harus diawali modal yang besar, ada juga yang ternyata gak pake modal gede. Jika kamu seorang mahasiswa atau karyawan yang menginginkan pemasukan tambahan tapi gak punya banyak uang sebagai modal usaha, kamu gak perlu kuatir. Kamu hanya perlu cukup cerdas dalam melihat peluang-peluang di sekelilingmu yang berpotensi menambah pundi-pundi penghasilanmu. Pada dasarnya, kamu bisa melakukan bisnis tanpa modal dengan menjual keahlianmu di bidang-bidang tertentu, atau dengan berjualan barang-barang hobi. Dan jika ditekuni, bisnis sampingan ini berpotensi menjadi bisnis yang besar lho. Berikut :

Jual barang bekas

Barang yang menurut kita kurang bermanfaat bisa jadi berguna di tangan orang lain. Jual-beli barang bekas bisa menjadi bisnis sampingan yang menyenangkan. Barang-barang bekas yang berhubungan dengan hobi biasanya dihargai cukup tinggi, pantas untuk mengisi dompetmu. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan pembeli melalui media sosial atau situs jual-beli online. Dengan sedikit keterampilan bisnis, kemampuan membaca peluang, dan keberanian mengambil resiko, kamu bisa mendapat keuntungan yang lumayan dari berjualan barang-barang bekas.

Mendesain kaos

Kalo kamu punya hobi desain dan punya komunitas yang bisa kamu jadikan target pasar kamu, kenapa gak bikin desain kaos aja? Dengan sistem pre-order, kamu hampir gak perlu modal sama sekali untuk memperoleh keuntungan yang lumayan. Jika kamu terampil dengan desainmu, kamu bisa memasukkannya ke situs-situs yang bisa membantu mempromosikan desain kaosmu, baik yang lokal seperti tees.co.id maupun situs luar negeri seperti Design By Humans.

Melalui situs-situs tersebut, kamu bisa bikin toko sendiri menjual desainmu secara online tanpa perlu repot memikirkan modal, produksi, dan pengiriman, karena semua itu sudah ditangani oleh sang penyedia situs. Tinggal masukkan desainmu, pasang harga, tunggu aja kaosmu laku dan kamu akan menerima pendapatan pasif jangka panjang. Jangan lupa promosi ya!

Membuat artikel

Kamu punya insting berbahasa yang baik dan suka menulis artikel di waktu luang? Hobimu bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.  Cobalah menulis beberapa artikel atau cerita lalu kirimkan ke media cetak yang satu visi dengan tulisanmu. Atau kamu juga bisa menemukan proyek-proyek penulisan artikel di freelancer.co.id ataupun situs-situs lainnya.

Jasa desain grafis

Jika kamu suka menggambar ataupun berkarya menggunakan software-software manipulasi gambar seperti Ilustrator, Photoshop, maupun CorelDraw, kamu bisa memanfaatkan skill-mu untuk mendesain produk-produk komunikasi visual seperti logo, label, poster, dan brosur. Untuk mendapatkan proyek, kamu bisa memanfaatkan freelancer.co.id99designssribu, maupun menjual jasamu ke rekan-rekanmu.

Admin media social

Jika kamu suka menggambar ataupun menciptakan karya menggunakan software-software manipulasi gambar seperti Ilustrator, Photoshop, maupun CorelDraw, kamu bisa memanfaatkan skill-mu untuk mendesain produk-produk komunikasi visual seperti logo, label, poster, dan brosur. Untuk mendapatkan proyek, kamu bisa memanfaatkan freelancer.co.id99designssribu, maupun menjual jasamu ke teman-temanmu.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

  • Bagikan Via: