Kesehatan di Mulai Dari Makanan

  • 2019-08-20 11:40:45

Organik mungkin adalah kata yang kurang terkenal di dalam masyarakat Indonesia. Sebenarnya apa arti dari organik itu sendiri? Secara umum ialah yang berkaitan dengan suatu organisme, benda hidup atau kehidupan di alam semesta yang menunjukan hubungan yang harmonis antara unsur-unsur keseluruhan serta ditandai dengan pengembangan secara bertahap atau alami. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa organik berkaitan dengan yang alami, teratur dan seimbang. Juga bisa di katakan organik adalah semua tanaman atau ternak yang dibudidayakan dengan sehat dan bebas dari pestisida dan bahan kimia lainnya. Bahan-bahan tersebut aman untuk dikonsumsi manusia dan dibudidayakan dengan standar kesehatan dan higenis yang membuat lingkungan disekitar tempat tersebut tidak rusak.

Lantas apa kaitannya dengan makanan yang sehat, makanan sehat umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.

Selain itu, kita juga harus mengenali makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu gangguan kesehatan.

Pertama, jauhi makanan dan minuman yang kebanyakan gula. Apabila sering dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes dan penyakit jantung.

Kedua, hindari makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng, mie instan, dan keripik. Makanan jenis ini memiliki kalori tinggi, tetapi sedikit nilai nutrisinya. Selain itu, makanan cepat saji dapat mendorong makan berlebihan.

Kemudian hindari makanan atau minuman yang tidak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, apabila ingin mengonsumsinya, sebaiknya hanya dilakukan seperlunya saja.

Mulailah kita mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita. Agar tidak bosan, Disarankan bisa mencoba berkreasi dan mengkombinasi berbagai jenis makanan sehat dalam variasi sajian yang menarik setiap harinya. Jangan lupa untuk melengkapi pola makan sehat dengan pola hidup yang sehat pula, yakni dengan memperbanyak konsumsi air putih, istirahat yang cukup dan rutin olahraga. Jika perlu, bisal langsung berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Wallahu a'lam

Semoga Bermanfaat, Terima kasih

https://indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

  • Bagikan Via: