Apa Itu Donasi???

  • 2019-08-01 08:18:39

Donasi adalah Sumbangan atau derma dalam Bahasa (Inggris: donation yang berasal dari Latin: donum) suatu pemberian yang umumnya bersifat secara fisik oleh perorangan atau badan hukum, pemberian ini mempunyai sifat sukarela dengan tanpa adanya imbalan bersifat keuntungan, walaupun pemberian donasi dapat berupa makanan, barang, pakaian, mainan ataupun kendaraan akan tetapi tidak selalu demikian, pada peristiwa darurat bencana atau dalam keadaan tertentu lain misalnya donasi dapat berupa bantuan kemanusiaan atau bantuan dalam bentuk pembangunan, dalam hal perawatan medis donasi dapat pemberian transfusi darah atau dalam hal transplantasi dapat pula berupa pemberian penggantian organ, pemberian donasi dapat dilakukan tidak hanya dalam bentuk pemberian jasa atau barang semata akan tetapi bisa juga dilakukan pula dalam bentuk pendanaan kehendak bebas.

Pengertian Donatur

Donatur adalah orang yang mendonasikan hartanya atau menyumbangkan hartanya kepada yang lebih membutuhkan, baik itu yang terkena musibah bencana alam, atau penyakit yang membutuhkan biaya obat yang mahal, ataupun membantu seseorang yang memiliki gagasan atau ide menarik untuk membuat karya namun terbentur oleh kurangnya dana dan seseorang tersebut membutuhkan donasi, yang jelas kepada siapapun yang membutuhkan/kurang mampu.

Para donatur beperan berdasarkan kebiasaan yang baik untuk kepentingan umum. Ini merupakan tradisi dalam memberi dan berbagi yang utama pada kualitas hidup.

Untuk memastikan dan menghormati donator dalam menyumbangkan hartanya, sebuah lembaga harus memberitahukan tentang misi kelembagaan, kinerja organisasi yang telah atau akan memberikan donasi di dalam organisasi mempergunakan sumber daya serta kapasitasnya secara efektif dan terpercaya.

Memiliki akses laporan keuangan terkini.

Harus mendapatkan keyakinan bahwa sumbangan mereka akan digunakan untuk tujuan yang mereka diberikan.

Adanya pemastian bahwa informasi tentang sumbangan mereka harus jelas tersambungkan. Diharapkan bahwa semua hubungan dengan individu yang mewakili lembaga dilakukan secara profesional dalam bidangnya.

Ketika memberikan donasi, para donatur mendapat kebebasan dalam mengajukan pertanyaan serta menerima jawaban yang merupakan janji yang benar dan jujur.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

 

  • Bagikan Via: