Hal-hal Penting Banget di Perhatikan Jika Terjadi Erupsi

  • 2019-07-30 03:11:59

Baru-baru ini, masyarakat sekitaran Bandung barat dikejutkan oleh meletusnya obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu. Kejadian tersebut berawal sejak pukul 16.00 waktu setempat. Hal tersebut sontak membuat kaget para wisatawan yang sedang berada di area tersebut. Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya, situs yang merupakan andalan destinasi wisata daerah Jawa Barat tersebut nggak menampakan adanya tanda-tanda akan mengalami erupsi secara signifikan.

Memang, bencana alam datang nggak ada yang bisa memperkirakan secara pasti. Meski dinilai nggak terlalu besar dan berbahaya, sayangnya destinasi wisata favorit Jawa Barat tersebut nggak dilengkapi dengan prioritas mitigasi bencana sejak beberapa tahun lalu. Padahal tempat tersebut berada nggak jauh dari titik kawah yang benar-benar masih aktif.

Nah, hal-hal berikut ini penting banget di perhatikan jika ada kejadian serupa, alih-alih panik dan bingung harus melakukan apa. Simak sampai selesai, ya!

1. Jika kalian terjebak di situasi bencana alam yang terjadi secara mendadak seperti Gunung Tangkuban Perahu ini, usahakan jangan panik

Ini adalah langkah utama yang harus kalian terapkan. Memang, siapa pun bakal bergidik ngeri ketika bencana alam datang, apalagi kalau datangnya tiba-tiba tanpa ada peringatan. Tapi, kepanikan yang berlebihan hanya akan membuat kalian makin nggak bisa berfikir secara jernih. Apalagi jika kondisinya sedang dalam kerumunan.

Jika ada salah satu yang merasa panik, hal itu juga akan menimbulkan efek psikologis bagi yang lainnya.

2. Menghindar dari titik bahaya erupsi sesegera mungkin dan ingatkan juga orang lain yang berada dekat dengan sumber bahaya

Setiap tempat yang memang dinilai rawan bencana, biasanya telah dilengkapi dengan plang yang menunjukkan rute evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang nggak diinginkan. Nah, jika ada kejadian serupa, usahakan segera hindari titik rawan bencana dengan mengikuti arah evakuasi dan jangan lupa untuk mengingatkan yang orang lain juga!

3. Jika kondisi sedang super semrawut, lebih baik segera lari dan tinggalkan kendaraan kalian

Kondisi bencana alam yang terjadi secara tiba-tiba pasti akan membuat semuanya jadi terburu-buru untuk menyelamatkan diri. Efeknya? Sudah pasti bakal terjadi kemacetan di mana-mana. Kalau udah seperti itu, mending segera selamatkan diri. Tinggalkan kendaraan kalian daripada terjebak bahaya. Lebih berharga nyawa kan, dibanding kendaraan atau harta?

4. Cari titik kumpul aman terdekat yang terdapat banyak orang

Setelah berlari dari titik bahaya, segera cari dan hampiri tempat berkumpul yang di situ terdapat banyak orang. Terlebih jika kalian terpisah dengan teman atau sanak saudara saat terjadi kejadian bencana alam.

Selain untuk menemukan kerabat yang lain, dengan berkumpul, kalian akan dapat mengetahui apa yang harus dilakukan bersama selanjutnya jika kondisi semakin parah.

5. Selagi masih berkabar, sesegera mungkin beri kabar pada orang terdekat ataupun lewat media sosial

Langkah penting terakhir yang nggak boleh di lewatkan adalah sesegera mungkin beri kabar kerabat dekat untuk dihubungi. Jika memang saat itu mereka susah untuk dihubungi, nggak ada salahnya kita menyiarkan kejadian tersebut melalui media sosial agar semua orang tahu. Tapi ingat, jangan dibikin berita berlebihan yang nggak bisa dipercaya dan malah bikin semua orang di luar sana ikut panik.

Beberapa hal di atas adalah langkah-langkah terpenting yang perlu kalian lakukan jika terjebak dalam situasi bencana alam yang datang secara tiba-tiba seperti kejadian erupsi Gunung Tangkuban Parahu baru-baru ini. Semoga bencana ini segera berakhir dan semua bisa berkumpul kembali dengan aman,

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

  • Bagikan Via: