Inilah ciri Orang yang Ilmunya tidak Bermanfaat

  • 2019-07-10 15:11:40

Sudah menjadi kenyataan bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Hanya saja kadang kita sebagai manusia (yang sering mengaku khilaf) lebih mengikuti egoisme pribadi daripada melihat sesuatu dengan lebih menyeluruh. Seringkali kita meremehkan orang lain karena menganggap diri kita lebih baik atau lebih hebat darinya.

Padahal meremehkan atau merendahkan orang lain tak lantas bikin kita terlihat lebih baik darinya. Bahkan saat menyebut orang lain bodoh, kita tak serta merta jadi orang yang lebih cerdas darinya. Sebelum menghakimi atau memandang sebelah mata orang lain, penting untuk memikirkan soal pribadi kita sendiri.

Ibnu Rajab memaparkan bermanfaat atau tidaknya ilmu tergantung cara pandang kita terhadap orang lain.

 Al Hafidz Ibnu Rajab telah menyebutkan ciri-ciri manfaat atau tidaknya ilmu seseorang, ”Adapun siapa yang ilmunya tidak bermanfaat, maka tidak ada kesibukan baginya kecuali takabbur dengan ilmunya terhadap manusia. Dan menampakkan kelebihan ilmunya dari yang lain serta menilai orang lain bodoh. Serta merendahkan orang lain untuk meninggikan dirinya sendiri. Dan ini adalah pencapaian yang paling buruk. Dan bisa juga menilai para ulama sebelumnya sabagai orang bodoh, lalai dan lupa. Maka ada kaharusan baginya cinta kepada dirinya dan cinta kepada popilaritasnya. Berkhusnudzan kepada dirinya dan bersu`udzan kepada para ulama sebelumnya.”

Adapun mengenai ciri seseorang memiliki ilmu bermanfaat, Ibnu Rajab melanjutkan,”Adapun pemilik ilmu bermanfaat bertolak belakang dengan hal tersebut, ia bersu’udzan kepada diri mereka sendiri, dan berhusnudzan kepada para ulama sebelumnya, mengakui dengan hati mereka keutamaan siapa sebelumnya serta ketidak mampuan diri mereka untuk sampai kepada derajat mereka.” (Fadhl Ilmi As Salaf ‘ala Ilmi Al Khalaf, hal. 28).

Mudah-mudahan kita dihindarkan Allah dari sifat yang melekat pada orang-orang yang ilmunya tidak bermanfaat. Stay positive and you’ll be much happier enjoying your life.

Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

https://www.indonesiabelajar.org/project/all/paging/1

 

 

  • Bagikan Via: