Pendidikan Anak Yatim Tanggung Jawab Bersama

Pendidikan Anak Yatim, Tanggung Jawab Kita Bersama

Anak yatim, begitu mendengar kata ini, maka terbayang dibenak kita ‘seandainya waktu kecil dulu saya adalah anak yatim, bagaimana kehidupan yang saya jalani?’. Ketika kita masih memiliki kedua orang tua yang mengasuh, mendidik dan menaungi adalah suatu kenikmatan yang sangat indah.

Perasaan bahagia seperti diatas tidak dirasakan oleh anak-anak yatim. Rata-rata mereka hidup sendiri, jauh dari asuhan dan didikan, bahkan pernah kita temui, keluarga dekatnyapun acuh. Sungguh malang nasib anak yatim dan Insya Allah menjadi tanggung jawab kita bersama mendidik dan membesarkan mereka.

Islam adalah agama yang mulia yang memuliakan bani Adam dari semua makhluk Allah. Islam juga mengangkat derajat anak yatim. Allah menyuruh kita untuk menghormati semua manusia, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:


Artinya: “Dan kami telah memuliakan anak keturunan Adam, memberikan tunggangan kepada mereka di darat dan di laut, memberi rezki kepada mereka dari yang baik-baik dan mengutamakan mereka dari banyak makhluk yang telah kami ciptakan dengan suatu keutamaan.” (QS Al-sra’ : 70)

Islam juga sudah memberi jawaban untuk semua permasalahan sosial yang dihadapi manusia. Allah telah memberi keutamaan yang sangat besar untuk orang-orang yang menanggung kehidupan anak yatim.

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam di dalam haditsnya telah menyebutkan salah satu keutamaan memelihara dan merawat anak yatim

 

Artinya: Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa Rasulullah bersabda, “Saya dan penanggung kehidupan anak yatim di surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan dua jarinya: jari telunjuk dan jari tengah.

Orang yang menanggung kehidupan anak yatim akan bersama dengan Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam di surga.

Alhamdulillah pada tahun 2017 lalu, Badan WAkaf Al Qur’an (BWA) berhasil merealisasikan bantuan pendidikan kepada anak Yatim sebesar Rp. 141.000.000,- dana tersebut digunakan untuk membiayai pendidikan selama setahun bagi 35 adik Asuh yatim.

Tentunya mereka membutuhkan bantuan pendidikan tidak untuk setahun saja, tetapi sampai jenjang Perguruan Tinggi agar mereka dapat mengentaskan diri dan keluarganya dari jurang kemiskinan. Oleh karena itu di tahun ini pun BWA kembali membuat program membantu pendidikan Anak Yatim, semoga kita semua mendapat pahala yang berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama, Aamiin. []

 

Biaya yang di butuhkan

Rp 500.000.000

 

Partner Lapang

Weli Kurniawan