Meski Tak Punya Biaya, Sri Tak Mau Putus Kuliah

BWA-IB. Masih ingat Sriyanto? Mahasiswa Fakultas Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Mamba’ul Ulum Surakarta (STAIMUS) Solo, yang pada 2012 lalu mendapatkan bantuan dari kaum Muslimin melalui program Indonesia Belajar (IB) untuk membayar kuliah semester empat dan lima.


Sekarang, Sri, panggilan akrabnya, sudah duduk di semester delapan. “Dan Alhamdulillah, saya telah menyelesaikan tugas PPL di Pengadilan Agama Surakarta,” ungkapnya sumringah. Sehingga bila tidak ada aral melintang, cita-cita mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam tersebut untuk menjadi guru agama tinggal setengah tahun lagi.

Selama ini, yang menjadi kendala buat Sri adalah masalah biaya kuliah. Pasalnya, syarat untuk dapat ikut ujian akhir semester haruslah telah melunasi biaya kuliah di semester tersebut. Namun penghasilannya yang hanya Rp 350 per bulan  sebagai karyawan fotokopi hanya cukup untuk biaya makan dan akomodasi kuliah sehari-hari.

Mengandalkan kiriman ayahanda Sarmin di kampung juga tidak memungkinkan. Pasalnya, warga lereng Gunung Lawu Dusun Deres Desa Kadipiro Kec. Jumapolo, Kab. Karanganyar Jawa Tengah, penghasilannya sebagai buruh tani dan pengumpul batu sangat minim ---kisaran 25 ribu – 40 ribu per hari.

Makanya, pada semester enam dan tujuh lalu hampir saja ia tidak dapat ikut ujian karena belum membayar biaya kuliah. Meski tak punya biaya, Sri tak mau putus kuliah. Ia pun blak-blakkan dengan bagian administrasi tentang kondisi ekonomi. Alhamdulillah, setelah meminta keringanan, Sriyanto mendapatkan dispensasi waktu pembayaran sehingga dapat tetap ikut ujian.

Untuk meringankan beban keluarga Sri, melalui program IB, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin berdonasi. Sehingga biaya tunggakan kuliah sejak semester enam dapat dilunasi, sehingga ia dapat menggapai cita-citanya dan pahala buat kita semua yang telah membantu sesama. Aamiin.[]

Donasi yang Diperlukan:

Rp 4.111.250,- (sisa tunggakan biaya SKS semester 6 Rp 270 ribu; tunggakan SKS semester 7 Rp 1 juta 105 ribu; biaya kuliah semester 8 Rp 250 ribu; bayar pinjaman untuk akomodasi PPL Rp 550 ribu; KKN rp 650 ribu; skripsi Rp 450 ribu; wisuda Rp 300 ribu dan akomodasi).

Mitra Lapang:

Welly Kurniawan