Meski Dirundung Masalah, Ika Tak Mau Berhenti Sekolah

Ujian seakan tidak henti datang bertubi-tubi menghampiri Ika Sri Devi (21 tahun). Namun mahasiswi diploma tiga (D3) tetap menegarkan diri agar kuliahnya jangan sampai berhenti.

Warga Tegal, Jawa Tengah tersebut kuliah Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekes Kemenkes Jakarta II Pada 2015. Ia tinggal di Jakarta, awalnya bersama ayahanda Bpk Kadis(alm) namun pada tahun 2017 Bapak Kadis meninggal dunia.

Baru beberapa bulan kuliah 2015, kabar ibundanya Darodah di Tegal meninggal karena diabetes. Tentu saja biaya kuliah sedikit terguncang karena semua ke kampung untuk mengurus jenazah ibu.

Pada 2016, ayah terkena stroke. Setelah dirawat dua pekan di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih Jakarta, ayah pulang kampung untuk diurus oleh kakak yang tinggal di Tegal. Karena tak mau putus kuliah, Ika tetap bertahan di Jakarta dengan menjual seluruh perhiasan peninggalan almarhumah ibu.

Sebulan kemudian ada kabar buruk datang, ayah jatuh dari kamar mandi dan mengalami pendarahan di otaknya sehingga meninggal dunia pada 26 November 2017. 

Setelah ayah meninggal, Ika tinggal bersama kakak perempuannya yang  tinggal di Beji, Depok, Jawa Barat. Suami kakak hanya jualan jajanan dan rokok kecil-kecilan di daerah komplek di Jalan Talas, Depok. Jangankan mau meminta bantuan biaya kuliah, ikut numpang terus-terusan juga rasanya malu dan tak tega.

Maka terkadang, Ika menumpang di bibinya yang tinggal di Kampung Utan, belakang UIN Syarif Hidayatullah. Namun kondisi ekonominya pun tak lebih baik dari kakak. Bahkan lebih parah karena harus terus mengurus putrinya yang sedang sakit TB tulang belakang.

“Saya saat ini sedang mencari pekerjaan sampingan yaitu menjadi guru privat” ungkapnya.

Untuk mengurangi beban Ika, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB). Ayo kita membantu sesama, berdonasi melalui IB salah satunya, agar Allah SWT memudahkan urusan kita di dunia dan akhirat.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW, bersabda:  “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang Mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat…” (HR. Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36). []

Donasi yang Diperlukan:

Rp 6.800.000 ( Skripsi dan Wisuda )

Partner Lapang

Weli Kurniawan