Beginilah Kegigihan Azzam Menghafal 30 Juz Al-Qur’an

Beginilah Kegigihan Azzam Menghafal 30 Juz Al-Qur’an  

Sejak duduk di bangku kelas 1 SMP, M. Azzam Hanif Furqoni. sudah bercita-cita ingin  menjadi seorang hafidz dan melanjutkan pendidikan  ke Kairo, Mesir. Namun cita-cita itu sekadar angan-angan saja bila melihat keterbatasan ekonomi orang tua.


 

Tapi justru keterbatasan itulah yang membuatnya  semakin terpacu untuk lebih giat belajar, terutama menghafal Al-Qur'an. Maka tak aneh saat lulus SMP di salah satu pesantren di Solo yang menentukan target hafal 3 juz, Azzam malah  hafal sampai 8 juz.

Pada 2015,  ia melanjutkan pendidikan ke MAN 2 Surakarta Jurusan IPA. Namun  Azzam tidak putus asa dan tidak kenal lelah untuk menjadi hafidz.  Maka setiap sore sampai malam ia menempa hafalannya di Ma'had Tahfidz Qur'an Abu Bakar Kota Barat Surakarta.  Setiap hari dari sekolah ke ma’had yang berjarak 3 km tersebut ditempuhnya dengan berjalan kaki.

Saat liburan kenaikan kelas 12 pada Ramadhan 2017, Azzam pun bertekad  untuk menyelesaikan hafalannya 30 juz dengan  mengikuti daursh tahfidz di Ma'had Syaraful Haramain Bogor. Dengan izin Allah SWT, ketika liburan berakhir ia sudah bisa menyelesaikan hafalannya sebanyak 30 juz.

Inilah yang menjadi modal bagi Azzam untuk menggapai cita-citanya untuk melanjutkan pendidikannya ke Kairo Mesir. Melalui wasilah para ustadz di Ma'had Syaraful Haramainlah  Azzam dipertemukan dengan ustadz dari Ma'had Ibnu Abbas  Serang Banten yang menghantarkan putra putri Indonesia Belajar ke Kairo Mesir.

Doa dan harapan Azzam pun bersambut dengan tawaran ustadz dari ma'had tersebut untuk bergabung dengan teman-temannya melanjutkan pedidikan ke Kairo melalui program dirasah khashah Ma'had Al Azhar Kairo Tahun Ajaran 2017/2018.

Namun dalam pemberangkatannya, butuh biaya Rp 21 juta untuk biaya pembuatan pasport dan transportasi. Uang sebesar itu tentu saja tak dimiliki oleh ayahanda M Suyatno, karyawan swasta di Jakarta yang berpenghasilan di bawah UMR.

Untuk mengurangi beban keluarga yang berdomisili di Perum BKKBN Blok C Mustikajaya Kec Mustikajaya, Bekasi,  melalui program Indonesia Belajar (IB), Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin berdonasi. Sehingga Azzam  bisa meneruskan pendidikannya ke Kairo Mesir. Dan kita semua mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

Donasi yang Diperlukan:

Rp 50.804.000,- (Transport Indonesia-Mesir, Boarding selama 6 Bulan )

Mitra Lapang:

Weli Kurniawan