Tips Mengatasi Mimisan

  • 2017-11-02 08:12:25

Tips : Mengatasi Mimisan

Sering kita mendengar kata mimisan, bisa jadi diantara kita pernah merasakan mimisan itu sendiri. Kata mimisan atau hidung berdarah adalah pendarahan yang keluar dari lubang hidung, mimisan bisa terjadi dikarenakan pecahnya pembuluh darah dalam rongga hidung. Namun pada umumnya mimisan bisa berhenti dengan sendirinya, akan tetapi untuk beberapa kasus diperlukan penanganan yang tepat.

Mimisan atau pendarahan hidung ada dua macam, yaitu; tipe anterior (bagian depan) dan tipe posterior (bagian belakang).

Namun selain kedua tipe tersebut mimisan atau darah keluar dari hidung ini bisa berasal dari sinus mata. Penyebab misisan dapat bermacam-macam, seperti kerusakan mukosa hidung akibat mengorek kotoran hidung terlalu keras, benturan denda tumpul, kekurangan vitamin C dan vitamin K, patah tulang hidung, tumor, infeksi hidung, rhinitis, sinusitis, benda asing masuk ke dalam hidung, hipertensi, gejala demam berdarah, kelainan darah seperti hemophilia, leukemia, serta gejala dari berbagai penyakit kronis lainnya.

Lalu apa yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama pada kasus mimisan tersebut, berikut kami berikan panduannya :

Pertama, duduk dan membungkuk. Jangan tidur atau rebahan karena akan mempercepat aliran keluarnya darah dari hidung. Selain itu, darah bisa tertelan yang mengakibatkan mual-mual dan muntah pada penderita.

Kedua, pencet hidung beberapa saat gunanya untuk menghentikan pendarahan itu sendiri.

Ketiga, bisa juga menyumbat lubang hidung dengan kapas atau kasa steril yang digulung.

Keempat, berikan kompren dingin pada batang hidung

Terakhir bila mimisan tidak berhenti juga maka segeralah bawa ke dokter terdekat guna mendapatkan pertolongan yang memadai, sehingga segera bisa meminimalisasi hal-hal yang tidak diketahuinya.

Semoga bermanfaat.

#YukBerbagi Hingga Pelosok Negeri di wakafquran.org

  • Share Via: